Amerika Siapkan Polisi Robot

Jakarta – Perusahaan robotik Amerika Serikat (AS), iRobot, telah mengumumkan kerja sama dengan Taser yang merupakan perusahaan pembuat senjata tidak mematikan.
n
Vnunet yang dikutip detikINET, Rabu (4/7/2007) melansir, kolaborasi ini bertujuan untuk mengembangkan robot khusus untuk pasukan kepolisian. Meski awalnya dikembangkan di AS, iRobot juga berencana memasarkan robotnya untuk kepolisian di negara lain.

Kedua perusahaan tersebut kini baru saja menyelesaikan pembuatan prototype robot berukuran kecil yang mampu membawa tas ransel dan dilengkapi dengan perangkat Taser X26 yang mampu menembakkan 50.000 Volt aliran listrik dari jarak 15 kaki.

Mantan Vice Admiral Angkatan Laut AS Joe Dyer, yang saat ini menjabat presiden iRobot Government & Industrial Robots mengatakan, perangkat tambahan yang diberikan oleh Taser akan membuat robot yang mereka kembangkan mampu untuk diadopsi para penegak hukum.

“Tambahan tekologi dari Taser ke dalam platform iRobot akan menyediakan peralatan penting bagi SWAT, penegak hukum dan militer untuk membantu dalam menangani beragam situasi berbahaya,” ujarnya.

Tentara AS saat ini juga sudah menggunakan ratusan tipe robot di daerah konflik seperti di Irak dan Afghanistan, untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa tentara mereka yang lebih banyak. Namun, untuk robot terbaru yang akan dikembangkan rencananya hanya akan digunakan untuk membantu kinerja kepolisian lokal.

Sedikit bocoran mengenai kemampuan robot ini, yaitu mampu untuk digerakkan di dalam gedung yang dikendalikan dari jarak jauh dan di masa depan diharapkan dapat bergerak secara otomatis. ( ash / wsh )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: