Jaringan SME Center: Solusi Terpadu Bagi Pengembangan UKM melalui Optimalisasi Sistem Informasi dan Aplikasi e-Business

Aplikasi http://www.SME-Center.com
Aplikasi http://www.sme-center.com dikembangkan oleh TELKOM khusus untuk mengakomodasi layanan e-business yang dibutuhkan olehjauh komonitas UKM dalam menunjang kegiatan bisnisnya. Layanan yang dapat diberikan kepada UKM adalah : Katalog produk UKM, Company profile UKM, Secure Colaborative Commerce, Supply Chain Management, Procurement, virtual training and education, dan virtual b2b marketplace.
Pengembangan layana pada aplikasi http://www.sme-center.com dilaksanakan bertahap sesuai dengan tingkat kebutuhan akan layanan tersebut oleh UKM sehingga akan berkembang seiring dengan perkembangan akan kesiapan UKM dalam menerima teknologi infokom sekaligus sebagai proses pembelajaran bagi UKM.
Multi Dimensional Networking
Dalam hal updating informasi / mengisi konten pada aplikasi yang telah dikembangkan tersebut, mengingat kedinamisan dan keanekaragaman informasi yang akan disajikan pada aplikasi http://www.sme-center.com, dibutuhkan kerjasama yang saling menguntungkan antara berbagai pihak yang terlibat dalam pengembangan UKM yaitu dengan Pemerintah, BUMN, BUMS, Perguruan Tinggi, LSM dsb.
Maksud kerjasama kemitraan dari berbagai institusi tersebut adalah untuk memberikan layanan yang bersifat total solusi e-business bagi komunitas UKM sebagai sasaran yang akan menerima layanan tersebut.
Mengingat kondisi cakupan geografis Indonesia yang begitu luas dengan sumber daya yang tersebar, maka tidak ada cara lain dalam pengemabangan UKM diperlukan suatu jaringan yang terintegrasi dan terpadu melalui teknolgi informasi dan komunikasi yang tepat yang akan membentuk jaringan pusat pusat komoditi unggulan melalui pusat pusat layanan SME Center yang dibangun di seluruh pelosok tanah air.
Melalui jaringan SME Center diharapkan akan mempercepat terbentukan struktur jaringan ekonomi bisnis UKM yang kuat dan terintegrasi melalui jaringan SME Center yang dilengkapi dengan sistem informasi dan aplikasi e-business yang bersifat global yang akan membantu UKM menigkatkan akses pasar, permodalan, manajemen, dan kualitas sehingga diharapkan akan terbentuknya ekonomi nasional yang kokoh berbasis UKM yang mampu bersaing ditingkat global dalam rangka menghadapi era perdagangan bebas ke depan.

%d bloggers like this: