Toyota Motor Corp Kembangkan Robot TPR-Robina

Robot yang diberi nama TPR-Robina ini memiliki bobot 60 kg dengan tinggi 1.200 mm. Sejumlah gerakan manusia mampu diikuti robot ini.

robina

Hasil pengembangan terbaru “tour guide robot” dilengkapi dengan kemampuan pergerakan otomatis dalam menghindari rintangan yang ada di hadapannya. Kemampuan ini berkat sinyal autograph yang dimilikinya. Tidak hanya itu, Robot ini mampu melakukan interaksi dengan pengunjung melalui komunikasi secara verbal dan gerak tubuh.

Menurut pihak TMC, diharapkan robot hasil ciptaan Toyota ini akan dapat banyak membantu aktivitas orang atau individu dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, dengan kemampuan yang dimiliki, TPR-Robina juga dapat membantu menciptakan masyarakat yang sehat dan nyaman di masa-masa mendatang.

Pihak pabrikan yang menjadi mitra Toyota dalam mengembangkan robot ini sudah memperkenalkannya tahun 2005 dalam “World Exposition” di Aichi-Jepang. Sejak itu, Toyota berkomitmen bekerja sama dalam membangun dan mengembangkan robot itu.

Ada empat fokus area dalam mencapai hasil sukses dalam pengembangannya, yakni robot tersebut bisa memiliki sisi-sisi kemanusiaan, dapat membantu tugas-tugas domestik (rumah tangga), membantu perawat dan pihak rumah sakit dalam menangani pasien, kemudian membantu usaha pabrikan dengan menjadikan robot tersebut sebagai personal transport.
(kano/pra)

One Response

  1. […] Toyota Motor Corp Kembangkan Robot TPR-Robina […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: