Tips Meraawat Laptop

Penggunaan laptop semakin hari semakin populer. Seiring dengan makin turunnya harga laptop, saat ini laptop sudah dapat dikatakan telah menjadi kebutuhan pribadi bagi orang-orang yang menggunakannya.

Berbeda dengan komputer meja(desktop) yang dirancang untuk berada di tempat yang tetap, laptop dirancang agar dapat digunakan dimana pun pemiliknya berada. Oleh sebab itu untuk seseorang dengan mobilitas tinggi memiliki laptop lebih diminati dibanding memiki komputer desktop.
Perkembangan menunjukan semakin bervariasinya fitur-fitur dan komponen-komponen pendukung laptop. Oleh sebab itu dibutuhkan sejumlah pemahaman tersendiri mengenai cara memanfaatkan fitur-fitur tersebut beserta permasalahan yang sering menjadi kendala dalam menggunakan laptop.

Tulisan ini dimaksudkan untuk memberi penjelasan mengenai permasalahan-permasalahan yang muncul beserta solusinya dalam memiliki dan menggunakan laptop.  

Sumber Daya Listrik

Dapat menggunakan laptop tanpa ketersediaan jaringan listrik tetapi dengan sumber listrik dari batere laptop adalah kelebihan utama laptop dibanding komputer desktop. Namun hal itu justru seringkali harus menjadi masalah karena batere laptop memiliki keterbatasan waktu penggunaan, dimana lamanya waktu penggunaan tergantung pada cara menggunakan laptop itu sendiri.

Mengetahui Kondisi Batere

Pertama-tama Anda harus tahu kondisi laptop anda. Batere laptop saat ini sudah menggunakan jenis batere Lithium-Ion(Li-On), jenis ini memang jenis yang paling baik yang ada di pasaran dibanding jenis pendahulunya seperti Nickel Metal Hybride (Nimh) atau Nickel Cadnium (NiCad).
Idealnya batere laptop dapat digunakan setidaknya selama dua jam, maksudnya jika batere laptop anda dalam keadaan penuh kemudian anda gunakan, jika sebelum mencapai dua jam batere anda harus sudah diisi ulang maka waktu penggunaan batere laptop anda di bawah rata-rata. Beberapa batere laptop dengan kualitas tinggi dan tentu saja dengan harga yang tingggi pula bahkan dapat digunakan selama enam jam.

Perlu diperhatikan bahwa sebagian besar vendor laptop menuliskan waktu penggunaan batere untuk pengaturan laptop minimal. Artinya waktu tersebut akan dicapai jika pengaturan laptop anda telah benar-benar memaksimalkan penghematan penggunaan listrik, misalnya pengaturan kontras layar minimal, pengaturan mode Stand By atau hibernasi laptop jika sedang tidak digunakan, mematikan fasilitas WiFi  dan Bluetooth dan lain sebagainya.

Ujilah daya tahan batere laptop anda, dengan cara isi penuh batere, kemudian gunakan dengan penggunaan normal anda ber-laptop, hingga muncul pesan untuk segera mengisi ulang bater laptop anda. Ingatlah baik-baik waktu tersebut agar di kesempatan lain batere anda jangan sampai benar-benar kosong, dan anda dapat menyesuaikan penggunaan laptop anda untuk kondisi tanpa ketersediaan jaringan listrik.

Mengisi batere dalam kondisi laptop mati

Apabila Anda akan mengisi batere, sebaiknya kondisi laptop anda tidak sedang dinyalakan. Namun jika hal itu dirasa merepotkan anda maka minimal apabila batere laptop telah penuh, maka segeralah copot batere adapter agar batere anda tidak mengalami kelebihan beban. Hal ini akan memperpanjang umur batere laptop Anda dan mempertahankan kualitas batere Anda.

Mencopot batere, apabila menggunakan jaringan listrik

Jika Anda menggunakan laptop di rumah atau di tempat dengan ketersediaan  listrik dalam waktu yang lama, maka dapat dipikirkan untuk merawat batere laptop Anda dengan cara mencopotnya dari laptop dan Anda benar-benar menggunakan jaringan listrik yang ada. Selain ada resiko kelebihan muatan, panas yang ditimbulkannya dapat memperpendek umur batere. Sebaiknya tetap gunakan stabilizer atau jika ada UPS untuk menghindari lonjakan listrik yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Menata pengaturan kerja laptop
Sering Anda lupa waktu dalam menggunakan laptop, sehingga waktu 2 atau 3 jam akan cepat dilewati, sehingga tiba-tiba batere laptop anda sudah habis. Padahal waktu maksimal hidup batere anda akan berkurang atau istilah umumnya ‘cepat drop’ jika batere benar-benar kosong.
Pada saat anda menggunakan komputer tanpa ketersediaan listrik, seperti di kendaraan, di ruang tunggu, taman dan lain sebagainya, ada banyak cara untuk mengatur lingkungan kerja komputer anda untuk menghemat penggunaan batere.

Pada sistem operasi seperti Microsoft Windows, tersedia fasilitas power option yang berada di control panel untuk mengatur penggunaan listrik laptop. Fasilitas ini hanya bisa diatur jika anda login ke laptop anda sebagai admin. Pengaturan yang dapat dilakukan diantaranya adalah pengaturan mode Stand By, yaitu monitor dan harddisk dapat dikondisikan tidak aktif, jika tidak ada operasi yang anda lakukan dalam selang waktu tertentu. Selang waktu itu dapat anda atur, misalnya anda atur selama 5 menit, maka jika anda meninggalkan laptop dalam waktu 5 menit, maka otomatis monitor dan harddisk akan mengurangi konsumsi listrik. Untuk mengaktifkan kembali laptop yang dalam keadaan tidak aktif ini , anda dapat dengan mudah menggerakan mouse atau menekan sebuah tombol keyboard.

Mode pengaturan yang lain adalah hibernasi(hibernate). Pada saat berada dalam kondisi hibernasi, laptop benar-benar mati, sehingga sama sekali tidak mengkonsumsi listrik. Berbeda dengan mode Stand By yang menggunakan RAM untuk menyimpan kondisi laptop pada saat terakhir aktif, mode hibernasi menggunakan harddisk untuk menyimpan kondisi terakhir laptop, oleh sebab itu pastikan tersedia ruang di harddisk untuk menyimpan kondisi laptop Anda. Fasiltas ini sebenarnya lebih bermanfaat untuk menjalankan kembali laptop dalam waktu cepat. Proses mengaktifkan kembali laptop sama seperti proses menghidupkan komputer, tetapi tanpa melalui proses login dan start up.


Beberapa tips lain yang dapat dilakukan dalam menghemat pengg
unaan listrik adalah dengan memilih warna latar  atau warna dominan layar seperti background desktop dengan warna yang gelap, karena lebih hemat dalam mengkonsumsi listrik. Selain itu ada baiknya jangan membuka banyak aplikasi, aplikasi yang sudah tidak digunakan dapat anda segera tutup. Hal ini juga akan mengurangi kerja prosesor sekaligus mengurangi konsumsi listrik..

Menyediakan batere cadangan

Untuk kebutuhan dalam perjalanan jauh dan tentunya jika dana mencukupi, Anda dapat menyediakan batere cadangan. Beberapa laptop menyediakan fasilitas tempat penyediaan batere cadangan tersebut, jika tidak ada, anda dapat membeli tas laptop yang menyediakan fasilitas penyimpanan batere cadangan. Batere yang telah diisi penuh dapat dicopot dan listrik di dalamnya tidak akan hilang.

Membawa kabel ekstensi multi slot

Mungkin anda menggunakan laptop di perpustakaan atau di rumah teman, dimana stop kontak yang ada sedang digunakan, maka untuk kondisi seperti itu sediakanlah kabel ekstensi multi slot agar Anda tetap dapat menggunaka laptop Anda.
Alat ini juga bermanfaat jika sewaktu-waktu anda menggunakan peralatan-peralatan elektronik lainnya seperti handy cam dijital.

Memilih prosesor yang hemat energi

Prosesor-prosesor jenis terbaru dengan kecepatan semakin tinggi akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Beberapa vendor prosesor untuk laptop menyediakan prosesor yang hemat dalam penggunaan Energi. Misalya untuk Intel, prosesor kelas M(mobile) dirancang untuk dapat digunakan bepergian sehingga menggunakan listrik lebih hemat. Jenis prosesor lain yang dianggap hemat dalam menggunakan energi adalah jenis prosesor core duo, tentunya dibanding dengan prosesor dengan kecepatan yang sama.

Laptop adalah peralatan elektronika yang sangat peka terhadap berbagai jenis gangguan. Sedikit goresan atau benturan beresiko dapat merusak laptop Anda. Sementara laptop anda gunakan setiap hari, dimana hasil pekerjaan anda sehari-hari berada di laptop. Melindingi laptop selain memperpanjang umur laptop juga melindungi data anda.

Memilih tas yang baik

Pada saat berpergian lindungilah laptop Anda dengan tas yang mejamin laptop tidak mengalami benturan keras jika terjadi goncangan dan tidak tembus air apabila terkena hujan. Janganlah hanya sekedar menggunakan tas yang sekedar dapat memasukan laptop anda.

Menutup layar dengan pelindung layar

Layar monitor laptop yang terbuat dari jenis lcd, masih merupakan komponen yang  cukup mahal. Lindungilah layar agar tidak tergores dalam perjalanan atau tersentuh benda tajam seperti pensil.Saat ini sudah mudah dijumpai pelindung khusus layar laptop.

Data adalah asset penting anda, nilainya seringkali tidak dapat tergantikan. Menjaganya agar tidak hilang atau rusak adalah hal yang harus anda perhatikan dengan baik.

Menyediakan media penyimpan eksternal

Sediakanlah sebuah flashdisk dan sebuah hardisk eksternal sebagai pendukung laptop anda. Data terbaru dan penting anda sebaiknya anda simpan juga di flashdisk. Sedangkan hardisk eksternal dapat anda gunakan untuk menyimpan data berukuran besar.
Selain untuk menjaga agar d
ata tidak hilang jika laptop anda rusak atau terkena virus, hal tersebut juga akan mengurangi penggunaan laptop pada saat anda akan menyalin data anda ke komputer lain. Flashdisk dan hardisk eksternal dengan koneksi menggunakan USB memudahkan anda bertukar data dengan teman anda, namun perlu diingat hal ini berpotensi besar dalam penyebaran virus.

Menyediakan fasilitas pembakaran cd/dvd

CD saat ini adalah fasilitas penyimpanan data yang paling murah. Kita dapat menyimpan data hingga 700 MB di sebuah keping cd. Disamping aman karena data tidak akan tertular virus. Harga keping CD juga sudah sangat murah. Oleh sebab itu lengkapilah laptop anda dengan CD Writer dan bawalah selalu beberapa keping CD kosong, yang dapat anda gunakan untuk membuat cadangan data penting anda. Di sisi yang lain, penuhnya hardisk akan meningkatkan kinerja hardisk yang membutuhkan daya listrik cukup besar. Oleh sebab itu data yang sudah jarang dibuka atau yang ukurannya besar juga sebaiknya anda simpan dalam bentuk CD atau DVD.

Jika anda ingin memberikan data ke teman-teman anda yang berpotensi laptop anda tertular virus, maka ada baiknya data anda dapat anda bakar ke sebuah keping cd, dan biarkan teman-teman anda mengkopi data anda tersebut.
Anda dapat memilih DVD Writer untuk meningkatkan fungsi CD Writer, karena DVD writer juga berfungsi sebagai CD Writer. Walaupun harga keping DVD kosong sudah tidak jauh berbeda dengan harga keping CD kosong, namun sayangnya harga DVD writer memang masih cukup mahal dibanding CD Writer.

Ketersediaan port dan slot memory

Data dapat disimpan dalam berbagai bentuk media penyimpanan. Suatu saat mungkin Anda ingin menyalin data teman Anda yang tersimpan di sebuah kartu memori, atau Anda ingin menyalin data dari kamera digital dengan antarmuka menggunakan port FireWire. Oleh sebab itu ada baiknya anda memilih laptop yang menyediakan berbagai jenis port, seperti USB, memory slot dan FireWire. Laptop-laptop saat ini dapat dipastikan sudah dilengkapi dengan port USB. Jumlahnya bahkan bisa mencapai empat buah. Jika tidak ada jenis port lain di laptop anda, anda dapat menyediakan beberapa konektor ke USB, karena konektor ke USB mudah ditemui di pasaran dan harganya relatif murah dibanding Anda harus mengganti laptop anda.

Tim Pengembang untuk materi Memilih Laptop

Penulis
: Hamidillah Ajie
Pengkaji Media
: Andi Sulistiyono
Pemrogram
: Adie Kurniawan
Desain Grafis
: Sugeng Marzuki
Quality Qontrol
: Wien Roa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: